Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic
Jika kemarin tidak berakhir seperti yang kamu inginkan, ingatlah jika Tuhan ingin kemarinmu sempurna, Dia tidak perlu ciptakan hari ini
Image and video hosting by TinyPic

Library

gravatar

Ternyata Sukhoi yang Jatuh Itu Pesawat Pengganti


 foto


Pesawat Sukhoi Superjet 100 yang jatuh di Gunung Salak, Rabu 9 Mei 2012 pekan lalu, diduga berbeda dengan yang sebelumnya telah didaftarkan untuk demonstrasi terbang di Indonesia. Izin yang diberikan Kementerian Perhubungan adalah untuk Sukhoi yang melakukan demonstrasi terbang di Kazakhstan dan Pakistan bernomor 97005, sedangkan pesawat yang jatuh di Indonesia bernomor 97004.

Seperti disampaikan kantor berita AFP, pesawat Sukhoi Superjet 100 yang jatuh di Gunung Salak tidak dipersiapkan untuk tur ke Jakarta. Pesawat naas itu adalah pengganti Sukhoi Superjet yang langsung dipulangkan ke Moskow, setelah menyelesaikan tur penerbangan promosi di Kazakhstan.

“Pesawat yang jatuh itu tidak sama dengan yang digunakan dalam penerbangan promosi pertama di Kazakhstan,” kata juru bicara Sukhoi Civil Aircraft, Olga Kayukova, seperti dikutip AFP Senin 14 Mei 2012 kemarin.

Sebelumnya, surat kabar Rusia, Moskovskiy Komsomolets and Kommersant, juga melaporkan bahwa Sukhoi mengganti pesawat di tengah-tengah muhibah. Mengutip Kayukova, koran itu menyebut bahwa model pertama bernomor registrasi 97005, “Akan menjalani serangkai tes.”

Tapi Kayukova tidak memberikan perincian pemulangan tersebut. Namun Kayukova memastikan model kedua dengan nomor registrasi 97004 itu, “Dalam kondisi teknik yang sempurna sebelum penerbangan.”

Konsultan bisnis PT Trimarga Rekatama, Sunaryo, mengaku tidak mengetahui soal penggantian pesawat Sukhoi itu. “Saya tidak tahu informasi itu,” katanya saat dihubungi Tempo tadi malam. “Seingat saya, nomor belakang pesawat yang diregistrasi adalah 05,” ujarnya.

Superjet 100 berseri 97005 memiliki rekam jejak yang panjang. Di antaranya pernah mendarat di Bandara Farnborough, Inggris, pada 19 Juli 2010, dipamerkan di Paris Air Show di Le Bourget pada Juni 2011, dan mendarat di atas landasan bersalju di Zhukovsky, Moskow, pada 27 Februari lalu. Di situs Sukhoi Civil Aircraft, pesawat model 97004 yang jatuh di Gunung Salak diberi keterangan written-off, sedangkan model 97005 dengan keterangan active. Model 97004 ini berumur lebih tua, karena dikirim pada 25 Juli 2009, sedangkan 97005 dikirim pada 4 Februari 2010.

source : http://www.tempo.co/read/news/2012/05/15/058403942/Ternyata-Sukhoi-yang-Jatuh-Itu-Pesawat-Pengganti


Artikel Terkait:

Terima kasih telah mengunjungi windeartfly.co.cc Silakan tinggalkan komentar jika anda berkenan

Berkomentarlah dengan baik dan sopan demi kenyamanan bersama.

Image and video hosting by TinyPic

Klik Disini untuk melihat ke situs resmi SUZUKI

Temukan Artikel yang Ingin Anda Cari Disini

Language Translate

Komunitas

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic