Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic
Jika kemarin tidak berakhir seperti yang kamu inginkan, ingatlah jika Tuhan ingin kemarinmu sempurna, Dia tidak perlu ciptakan hari ini
Image and video hosting by TinyPic

Library

gravatar

Diragukan Jika Sukhoi Turun Ketinggian Karena Cuaca Buruk

Sukhoi Superjet 100. REUTERS/sergeydolya.livejournal.com/Handout

Ketua Asosiasi Pilot Garuda Stephanus Gerardus mengatakan kecil kemungkinan jika pilot Sukhoi SJ 100 meminta penurunan ketinggian pesawat karena cuaca buruk. Menurutnya, pilot justru akan menaikkan ketinggian jika cuaca buruk. "Secara logika kalau cuaca buruk pilot akan minta naik ke atas awan untuk menghindari cuaca buruk di bawah awan," ujarnya kepada Tempo, Kamis 10 Mei 2012.

Sampai saat ini penyebab kecelakaan Sukhoi SJ 100 di Gunung Salak Bogor masih belum jelas. Satu-satunya petunjuk yang didapat saat ini, pesawat terjatuh menabrak salah satu tebing di gunung ini. Pilot juga diketahui sempat meminta penurunan ketinggian dari 10 ribu kaki menjadi 6 ribu kaki. Ketinggian ini di bawah batas aman penerbangan di wilayah Gunung Salak yang mencapai 8 ribu kaki.

Stephanus mengatakan cuaca buruk memang bisa jadi membuat seorang pilot meminta agar ketinggian diturunkan. Namun hal ini sangat tak lazim dilakukan dalam dunia penerbangan. "Apalagi kalau dia tahu di bawahnya ada gunung. Sangat aneh pertimbangannya kalau dia malah minta turun," ujar dia.

Soal kemungkinan peralatan penunjuk ketinggian yang rusak, Stephanus mengatakan ada kemungkinan itu. Namun, menurutnya juga sangat kecil. "Karena ini kan joy flight untuk promosi, seharusnya pesawat ini benar-benar sudah dipastikan fungsi alatnya. Ini kan untuk jualan," kata dia.

Alasan lainnya, menurut Stephanus, pesawat super canggih ini pasti memiliki peralatan cadangan untuk mengatasi adanya kerusakan teknis. "Jadi kalau misalnya navigasi utamanya mati atau rusak, pesawat pasti punya navigasi cadangannya. Ini pesawat generasi terbaru yang super canggih," kata dia.

Untuk mengungkap kejadian ini, tambah Stephanus, harus dilihat percakapan antara menara pengawas udara dengan pilot. Selain itu komunikasi antara pilot dan ko pilot serta kejadian di dalam cockpit pun patut dicermati. "Karena ini joy flight, mungkin saja pilot mempersilakan penumpang melihat-lihat ke dalam cockpit. Padahal seharusnya tidak boleh karena bisa merusak konsentrasi pilot," kata dia.

Update Terbaru Klik disini !!!

source : http://www.tempo.co/read/news/2012/05/11/173403173/Diragukan-Jika-Sukhoi-Turun-Ketinggian-Karena-Cuaca-Buruk


Artikel Terkait:

Terima kasih telah mengunjungi windeartfly.co.cc Silakan tinggalkan komentar jika anda berkenan

Berkomentarlah dengan baik dan sopan demi kenyamanan bersama.

Image and video hosting by TinyPic

Klik Disini untuk melihat ke situs resmi SUZUKI

Temukan Artikel yang Ingin Anda Cari Disini

Language Translate

Komunitas

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic