Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic
Jika kemarin tidak berakhir seperti yang kamu inginkan, ingatlah jika Tuhan ingin kemarinmu sempurna, Dia tidak perlu ciptakan hari ini
Image and video hosting by TinyPic

Library

gravatar

Getaran di Bengkayang-Singkawang Murni Gempa


Nasional / Selasa, 23 Agustus 2011 21:33 WIB
Metrotvnews.com, Sungai Raya: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika cabang Supadio Pontianak memastikan getaran di Kabupaten Bengkayang dan Kota Singkawang Kalimantan Barat pada Selasa pagi pukul 08.00 WIB benar-benar peristiwa gempa bumi dengan kekuatan 4,4 Skala Richter.

"Kita mengklarifikasi informasi yang kita berikan sebelumnya karena berdasarkan informasi terbaru dai BMKG pusat di Jakarta getaran yang terjadi di Kabupaten Bengkayang ternyata benar-benar gempa bumi dengan kekuatan 4,4 Skala Richter," kata Kasi Observasi BMKG Supadio Pontianak, Sri Ningsing, di Sungai Raya, Selasa.

Dia sendiri mengaku bingung atas gempa tersebut karena hal itu baru pertama kali terjadi di wilayah Kalimantan Barat. Terlebih selama ini untuk Kalbar tidak memiliki patahan lempengan bumi dan gunung berapi aktif.

"Untuk saat ini kita belum mengetahui apa penyebabnya, karena hal itu juga masih akan kita selidiki bersama BMKG pusat. Namun bisa dipastikan dengan kekuatan tersebut tidak akan menimbulkan potensi tsunami dan kerusakan karena skalanya masih kecil," tuturnya.

Untuk informasi lebih lanjut, Sri menyatakan akan lebih aktif melakukan koordinasi dengan BMKG Pusat.

"Kita memang sudah memiliki alat pendeteksi gempa yang ditempatkan di BMKG Pontianak dan Sintang. Namun karena alat tersebut bersifat terbatas sehingga tidak bisa menjangkau seluruh wilayah Kalbar, makanya kita akan sering berkoordinasi dengan BMKG Pusat agar bisa memastikan penyebab dan potensi gempa selanjutnya," tuturnya.

Sebelumnya, warga Kecamatan Sungai Duri Kecamatan Bengkayang hingga Kota Singkawang sontak panik akibat gempa bumi yang datang secara tiba-tiba pada pukul 08.00 pagi.

"Meski tidak mengakibatkan kerusakan, namun kami benar-benar panik karena getaran seperti gempa bumi yang datang secara tiba-tiba dan baru kami alami," kata Asmui, warga Kecamatan Sungai Duri, Kabupaten Bengkayang saat dihubungi via telepon dari Kota Pontianak.

Menurutnya, getaran seperti gempa bumi tersebut terjadi singkat dan tidak mengakibatkan kerusakan. Namun getarannya tidak hanya dirasakan masyarakat Sungai Duri, tetapi juga kota Singkawang.

"Saya diberitahu keluarga yang di Singkawang, katanya juga merasakan gempa bumi itu. Kami benar-benar panik bahkan khawatir terjadi tsunami, karena pemukiman kami berada dekat dengan laut," tuturnya.(Ant/ARD)

baca juga : BMKG Terus Selidiki Gempa di Kalimantan Barat

source : http://www.metrotvnews.com/metromain/news/2011/08/23/62410/BMKG-Getaran-di-Bengkayang-Singkawang-Adalah-Gempa


Artikel Terkait:

Terima kasih telah mengunjungi windeartfly.co.cc Silakan tinggalkan komentar jika anda berkenan

Berkomentarlah dengan baik dan sopan demi kenyamanan bersama.

Image and video hosting by TinyPic

Klik Disini untuk melihat ke situs resmi SUZUKI

Temukan Artikel yang Ingin Anda Cari Disini

Language Translate

Komunitas

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic