Jika kemarin tidak berakhir seperti yang kamu inginkan, ingatlah jika Tuhan ingin kemarinmu sempurna, Dia tidak perlu ciptakan hari ini

Library

gravatar

Sebuah "Kritik" (Motivasi)

Di tengah hutan belantara hiduplah tiga ekor binatang yang saling bersahabat, rusa,tupai dan kura-kura saling tinggal bersama.
Setiap hari mereka berbagi aktivitas di rumah mereka,membagi tugas di antara sesama mereka. Tupai mencari kayu bakar,rusa memasak makanan,dan kura-kura mencari air disebuah sungai kecil. ketika tupai sedang pergi ke hutan mencari kayu bakar, ditengah jalan,seekor kelinci yang suka mencampuri urusan yang lain, bertanya kepadanya apa yang sedang dia kerjakan.
Ketika diberitahu bahwa tupai sedang mencari kayu bakar, Kelinci mengatakan bahwa tupai sedang dimanfaatkan oleh kura-kura dan rusa,Kelinci mengatakan bahwa pekerjaan tupai sangat berat sekali.Tupai mencoba mengusir kata-kata tak sedap tersebut,tupai tetap mencari kayu bakar,sehabis dia mencari kayu bakar diapun pulang ke rumah, tetapi selama diperjalanan kata- kata Kelinci tersebut masih menghantui pikirannya.
Ketika dia sampai di rumah dengan beban kayu bakar dipunggungnya,Tupai berkata kepada sahabatnya “Ternyata saya melakukan tugas yang sangat berat, saya mau kita bertukar pekerjaan”.
Ternyata rusa dan kura-kura setuju bahwa mereka juga merasakan hal yang sama,mereka sama-sama mengeluh akan pekerjaan mereka masing-masing,singkat cerita mereka pun bertukar pekerjaan.
Keesokan harinya, yang mencari kayu bakar di hutan adalah rusa,yang mencari air di sungai adalah tupai,dan kura-kura memasak makanan.
Ketika rusa sedang pergi mencari kayu bakar,seekor harimau membuntuti dia dari belakang, dengan segera menyambar rusa dan menerkamnya.
Ketika tupai hendak mengambil air disungai dengan sebuah ember,baru saja dia hendak mengambil air,tupai terjatuh ke sungai dan dia terbawa arus sungai yang saat itu cukup kencang.
kura-kura menunggu teman-temannya,tapi satupun diantara mereka tak kunjung pulang ke rumah, karena hari telah mulai sore,ketika kura-kura sedang menunggu,tertidurlah ia di dalam rumah,dan kura-kura lupa mematikan tungku api yang telah menyala dari siang,tungku api membesar dan menyambar rumah yang sederhana itu,dan menyambar kura-kura yang sedang tertidur itu.
Pesan Moral
Hendaklah kita semua melakukan semua pekerjaan yang telah diberikan bagi kita dengan penuh sukacita,
Hindarilah bersungut di dalam hidup, agar kehidupan ini boleh membawa berkah bagi kita
Kritik itu baik tetapi pastikan kritik yang membangun bukan menjatuhkan, hindari kritik yang menjatuhkan,karena dapat menghancurkan awal yang baik menjadi rusak, membuat yang tadinya indah menjadi hancur.

source : http://www.pancawiramegahtama.com/2011/10


Artikel Terkait:

Terima kasih telah mengunjungi windeartfly.co.cc Silakan tinggalkan komentar jika anda berkenan

Berkomentarlah dengan baik dan sopan demi kenyamanan bersama.

Image and video hosting by TinyPic

Klik Disini untuk melihat ke situs resmi SUZUKI

Temukan Artikel yang Ingin Anda Cari Disini

Language Translate

Komunitas

Image and video hosting by TinyPic