Jika kemarin tidak berakhir seperti yang kamu inginkan, ingatlah jika Tuhan ingin kemarinmu sempurna, Dia tidak perlu ciptakan hari ini

Library

gravatar

Inilah BBM Dari Sampah Dalam Uji Laboratorium


 BBM dari Sampah dalam Uji Laboratorium

Padang (ANTARA) - Bahan bakar minyak (BBM) yang dihasilkan dari sampah kini masih dalam proses uji laboratorium oleh Badan Lingkungan Hidup (BLK) Kota Pariaman.
Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLK) Kota Pariaman Definal di Pariaman, Rabu, mengatakan, pengujian terhadap percobaan yang dilakukan Sidi Muhammad Afdal (30) warga Desa Pakasai, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman itu dilakukan dengan melihat tingkat keamanan, baik bagi pengguna maupun lingkungan sekitar.
"Jika penemuan Afdal itu terbukti berdampak positif baik dari segi ekonomis dan pelestarian lingkungan, Pemkot Pariaman berencana akan mengembangkannya," katanya.

Ia menilai penemuan tersebut sangat bagus, khususnya untuk mengurangi produksi sampah di wilayah Kota Pariaman yang mencapai 50 kubik per hari.
Selain itu, lanjut dia, pemanfaatan limbah anorganik menjadi bahan bakar minyak juga dapat menjadi alternatif energi di saat akan dinaikkannya harga BBM.
Sang inovator Afdal mengaku, eksperimen tersebut dimulainya pada 12 Desember 2011. "Awalnya saya berpikir pada kebanyakan benda mengandung gas CH4 dan zat bakar lainnya," katanya.

Untuk lebih memastikan, ia membuat tabung reaksi dengan ukuran tinggi 60 centimeter dan berdiameter 40 centimeter dengan memasukkan bahan baku sampah anorganik sebanyak dua kilogram dan memanaskannya dengan suhu tertentu dan ternyata mampu mengeluarkan gas.

Ia melanjutkan, gas tersebut dimanfaatkannya untuk kompor gas jumbo dengan nyala besar selama lebih kurang tiga jam.

"Sejuah ini saya menggunakan minyak hasil sulingan tersebut untuk keperluan rumah tangga sendiri," katanya.
Ia menambahkan, jika nanti eksperimennya itu lulus uji laboratorium, Pemkot Pariaman memintanya agar dapat melatih dan berbagi ilmu kepada masyarakat lainnya, sehingga hasil penemuan itu lebih aplikatif. (rr)
source : http://id.berita.yahoo.com/foto/bbm-dari-sampah-dalam-uji-laboratorium-foto-003219900.html


Artikel Terkait:

Terima kasih telah mengunjungi windeartfly.co.cc Silakan tinggalkan komentar jika anda berkenan

Berkomentarlah dengan baik dan sopan demi kenyamanan bersama.

Image and video hosting by TinyPic

Klik Disini untuk melihat ke situs resmi SUZUKI

Temukan Artikel yang Ingin Anda Cari Disini

Language Translate

Komunitas

Image and video hosting by TinyPic