Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic
Jika kemarin tidak berakhir seperti yang kamu inginkan, ingatlah jika Tuhan ingin kemarinmu sempurna, Dia tidak perlu ciptakan hari ini
Image and video hosting by TinyPic

Library

gravatar

Bedanya Menjiplak dan Meng-Copy Paste Pada Blogger



Sewaktu jalan-jalan, saya menemukan artikel yang membahas tentang menjiplak dan meng-copas,  >>>
http://arfahhusaifah.com/2010/01/08/blogger-plagiator-silahkan-copy-paste-artikel-blog-ini/
Isinya semacam ini dibawah ini 


Blogger Plagiator: Silahkan Copy Paste Artikel Blog Ini

Copy paste (copas) artikel dari sebuah blog saat ini merupakan fenomena yang tidak bisa kita hindari. Tidak sedikit blogger yang kesal jika artikelnya di-copy paste oleh blogger lain, dimana blogger peng-copy paste itu mengklaim bahwa artikel tersebut adalah miliknya. Karena itu, dalam artikel ini, saya bermaksud membahas sedikit masalah copy paste artikel ini sesuai dengan pendapat pribadi saya. :D

Tapi sebelumnya, saya ingin menjelaskan dulu perbedaan antara “kutipan” dengan “jiplakan” yang sering dicap sebagai plagiator. Luqman Haqani dalam bukunya, Mengatasi 25 Hambatan Menulis menjelaskan perbedaan dua kata tersebut. Beliau menuliskan; “Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat seseorang yang terkenal, baik yang terdapat dalam buku, surat kabar, majalah atau media elektronika yang fungsinya sebagai bukti atau memperkuat pendapat penulis. Bedanya dengan jiplakan, kalau jiplakan adalah mengambil pendapat orang lain tanpa menyebut sumbernya sehingga dianggapnya pendapat diri sendiri. Penjiplak sering disebut sebagai plagiator”. Nah blogger plagiator inilah yang banyak membuat blogger lainnya kesal.

Sedangkan menurut pendapat saya, blogger plagiator itu juga tidak buruk-buruk amat. Karena faktanya, sebagian besar blogger plagiator itu adalah blogger pemula. Yang tidak sedikit masih jauh dari sikap bijak dalam ngeblog. Kalau dengan aktifitas menjiplaknya itu bisa menjadi pembuka jalan bagi dia untuk terjun ke dunia blogging dan tulis menulis, tentu hal ini merupakan perkara yang positif bukan. Toh, seiring dengan waktu, dan semakin aktifnya blogger plagiator itu di dunia blogging dan tulis menulis, dia sendiri akan menemukan kenyataan bahwa ternyata sikap bijak dan santun dalam ngeblog adalah hal yang sangat mahal harganya untuk membangun kredibilitas. Dan aktifitas plagiat merupakan sikap yang kurang terpuji.

Selain itu, ilmu yang terkandung dalam sebuah tulisan atau artikel, merupakan warisan yang sangat berharga. Sebagai seorang muslim, yang beriman terhadap Hari Akhir dan Para Malaikat Pencatat segala Amal, kita tidak perlu khawatir jika artikel kita dijiplak oleh orang lain. Toh, Allah Rabb Semesta Alam Maha Mengetahui. Bukankah ilmu yang bermanfaat merupakan amal jariyah yang pahalanya akan terus mengalir walau kita sudah masuk ke liang lahat dan menjadi tanah?Wallahu ‘alam.

Pada akhirnya, bagi Anda blogger pemula yang masih menghadapi kendala dalam hal produktifitas, kreatifitas dan kemampuan menulis, jangan ragu untuk menjiplak artikel yang bertebaran di dunia blogging yang sangat luas ini. 
Termasuk blog ini tentunya. Jika artikel yang ada diblog ini bermanfaat bagi Anda, Blogger Plagiator: Silahkan Copy Paste Artikel Blog Ini. Saya Ikhlas dan Ridha :D Semoga Anda mendapatkan kebaikan dari artikel-artikel saya. Keep fighting and Action!


Nah kira-kira semacam itulah, saya Pribadi setuju sama mas Yang menuliskan artikel diatas 

Apabila artikel yang di copas itu telah di edit oleh yang meng-copas, ini boleh-boleh saja, karena semua blogger mempunyai referensi masing masing. EMM yang meng-copas juga gak buruk-buruk amat karena sudah dibaca dan munkin juga sudah di coba bahkan memberi sentuhan lain dan berhasil pula.   
sebenarnya yang diminta dari Blogger Korban Copy paste? dan yang saya  tahu bahwa kode etik blogger, hanya dimana harus mencantumkan sumber asli dari artikel. mungkin itu saja. 
Allah Maha Mencipta.
terima-kasih Banyak Yang sebesar-besarnya kepada teman-teman blogger - semoga sukses dan terus berjuang untuk memajukan ilmu ngeblog.


 source : http://arfahhusaifah.com/2010/01/08/blogger-plagiator-silahkan-copy-paste-artikel-blog-ini/


Artikel Terkait:

gravatar

ow, copas...copas...copas...cara gampang..:P

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by Windeartfly
gravatar

Salam kenal, memang sih metode copas merupakan cara yang paling mudah dalam ngeblog, tetapi tetap harus pake etika yaitu cantumkan backlink ke blog yang di copas.

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by Windeartfly

Terima kasih telah mengunjungi windeartfly.co.cc Silakan tinggalkan komentar jika anda berkenan

Berkomentarlah dengan baik dan sopan demi kenyamanan bersama.

Image and video hosting by TinyPic

Klik Disini untuk melihat ke situs resmi SUZUKI

Temukan Artikel yang Ingin Anda Cari Disini

Language Translate

Komunitas

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic