Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic
Jika kemarin tidak berakhir seperti yang kamu inginkan, ingatlah jika Tuhan ingin kemarinmu sempurna, Dia tidak perlu ciptakan hari ini
Image and video hosting by TinyPic

Library

gravatar

Inilah Dua Elemen Baru yang Ditambahkan ke Tabel Periodik


Tabel periodik
Tabel periodik
windeartfly - Komite internasional ahli kimia dan fisika memutuskan menambah dua elemen baru hasil temuan sejumlah ilmuwan dari Livemore dan Rusia ke dalam tabel periodik.

Kedua elemen itu untuk sementara disebut sebagai elemen 114 dan 116. Nama dan simbol permanen untuk kedua elemen itu akan dipilih belakangan. Demikian seperti dilansir Yahoo News, Kamis (9/6/2011).

Berbeda dengan elemen populer lain seperti karbon, emas dan tembaga, kedua elemen ini tidak memiliki 'usia' panjang. Atom dari elemen 114 akan berdisintegrasi dalam beberapa detik, sementara atom dari elemen 116 bakal menghilang kurang dari waktu satu detik.

Elemen 114 dan 116 ditemukan berkat hasil kolaborasi ilmuwan asal Livemore dan Rusia. Mereka membuat elemen ini dengan memecah ion kalsium menjadi atom plutonium atau elemen lain, curium. Ujicoba dilakukan sejak 2004 dan 2006, namun elemen ini baru diakui oleh komite internasional pekan lalu.

Salah satu anggota komite internasional yang mengakui elemen itu adalah Paul Karol dari Carnegie Mellon University. Dia mengklaim sejumlah elemen baru telah ditambahkan ke dalam tabel periodik setiap 2,5 tahun sekali dalam kurun 250 tahun terakhir.

Meski salah satu elemen diberikan nomor 116, sebenarnya jumlah elemen yang diakui saat ini baru berjumlah 114. Pasalnya, elemen 113 dan 115 hingga saat ini belum mendapat pengakuan resmi.

Sebelum kedua pendatang baru ini, elemen teranyar yang ditambahkan ke tabel periodik adalah elemen 112 yang dinamakan copernicium, sebagai tribute kehormatan untuk ahli astronomi Nicolaus Copernicus.



Artikel Terkait:

Terima kasih telah mengunjungi windeartfly.co.cc Silakan tinggalkan komentar jika anda berkenan

Berkomentarlah dengan baik dan sopan demi kenyamanan bersama.

Image and video hosting by TinyPic

Klik Disini untuk melihat ke situs resmi SUZUKI

Temukan Artikel yang Ingin Anda Cari Disini

Language Translate

Komunitas

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic