Gaun Kate Middleton, mempelai perempuan dari Pangeran William, ternyata hasil rancangan Sarah Burton dari Alexander McQueen. Ini mengakhiri berbagai spekulasi selama seminggu penuh tentang siapa perancang busana dari salah satu pengantin paling kesohor di dunia dalam satu dekade terakhir.

Gaun itu terdiri dari renda buatan tangan yang dirancang menghiasai atasan dan rok putih gading yang terbuat dari sutra dan satin.

Sebelum ini, selama pembuatan gaun itu, identitas dari perancang dan rincian busana yang akan dikenakan Kate itu dirahasiakan oleh pihak Istana St James.

Sebuah tenda khusus didirikan di luar pintu masuk hotel yang didiami Middleton untuk mencegah pihak-pihak yang ingin mengintip gaun itu sebelum ia keluar dari hotelnya menuju Westminster Abbey pagi tadi waktu setempat.

Berbagai surat kabar dan website dunia telah berusaha mengungkit-ungkit identitas si perancang tetapi tidak seorang pun yang bisa memastikannya.

Beberapa nama coba diajukan di berbagai artikel surat kabar atau blog, di antaranya Bruce Oldfield dan Sophie Cranston dari rumah mode Libelula.

Para penggila mode dunia sangat penasaran dengan gaun yang akan dikenakan oleh Middleton dalam beberapa bulan terakhir yang menurut para penggiat busana akan sangat mempengaruhi penjualan busana di dunia.

Selain itu tak henti-hentinya orang membandingkan Middleton dan mediang ibu William, Putri Diana, yang juga menjadi ikon mode hingga akhir hayatnya pada 1997 di umur 36 tahun.

Gaun yang dikenakan Middleton sendiri sangat jauh berbeda dengan gaun yang dikenakan Diana ketika menikah Pangeran Charles pada 1981. Saat itu Diana menggunakan gaun berjumbai krim buatan Elizabeth Emanuel yang sangat mencerminkan masanya.

Sebelum pernikahan, Emanuel mengatakan kepada Reuters bahwa Middleton adalah seorang perempuan yang lebih matang dan lebih punya pendirian dalam gaya busana ketimbang si pemalu Diana yang ketika menikah masih berusia 20 tahun.

"Diana masih sangat muda ketika kami diperkenalkan dan busana bukan termasuk salah satu gairah terbesarnya, jadi dia tidak punya pandangannya sendiri soal mode," kata Emanuel seperti dikutip Reuters.(*)

Liberty