Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic
Jika kemarin tidak berakhir seperti yang kamu inginkan, ingatlah jika Tuhan ingin kemarinmu sempurna, Dia tidak perlu ciptakan hari ini
Image and video hosting by TinyPic

Library

gravatar

Beberapa Pendapat Mengenai Gerakan 30 September G30S

 Mulai tahun 1998, Departemen penerangan memutuskan tidak lagi memutar film wajib tentang G30S pada semua saluran TV di Indonesia setiap tanggal 30 September malam. Kebijakan itu untuk menghindari kontroversi yang mungkin timbul dikalangan masyarakat di era reformasi ini yang akan mempertanyakan tentang apa yang sebetulnya terjadi di balik kudeta 1965. namun keputusan itu sebetulnya belum menyelesaikan persoalan utama dari segi penulisan dan pengajaran sejarah di Indonesia. Selama ini yang diajarkan disekolah adalah versi resmi peristiwa tersebut yang dikeluarkan oleh aparat keamanan dan pemerintah.
DN Aidit
DN Aidit
Sejarah adalah proses berkesinambungan dari interaksi antara sejarawan dan fakta-fakat yang dimilikinya, suatu dialog yang tidak berkesudahan antara masa sekarang dengan masa lampau. jadi tidak ada tulisan atau buku sejarah yang final. Dalam kasus G30S 1965 pun sebetulnya tidak ada interpretasi akhir dan tunggal terhadap peristiwa tersebut.
Sedikitnya 5 versi atau pendapat mengenai dalang peristiwa G30S ini, antara lain: Sebuah klik AD, CIA/pemerintah USA, Presiden Soekarno, Oknum PKI dan tidak ada pelaku tunggal.
Versi buku putih
Isi buku yang dikeluarkan oleh segneg itu sidah diketahui umum bahkan dipakai sebagai acuan dalam buku pelajaran sejarah yang diajarkan disekolah-sekolah. menurut buku ini, dalang G30S adalah PKI dengan memperalat unsur ABRI. persiapan gerakan telah dilakukan sejak lama dengan tujuan merebut kekuasaan dan menciftakan masyaraka komunis di Indonesia.
Meskipun kalimat-kalimat dalam sebuah buku yang tergolong sejarah resmi bisa direkayasa, namun ada teknik untuk membacanya dengan cara lain. Didalam buku G30S, Pemberontakan PKI, itu terdapat indeks nama sebanyak 306 orang tokoh (pada halaman 10). 10 tokoh yang paling sering disebut adalah: Bung Karno 64 kali, Presiden Ir. Soekarno 64 kali, D.N. Aidit 48 kali, Syam kamaruzaman 29 kali, Mayjen Soeharto 21 kali, Letkol Untung 20 kali, Letjen A. yani 18 kali, Laksamana madya Umar Dhani 18 kali, Kol. Inf. A. Latief 17 kali, Jenderal AH. nasution 13 kali.
Jadi kalau kita melihat daftar indeks itu terlihat bahwa kasus tersebut pada intinya menyangkut Presiden Soekarno 12 kali, dua tokoh PKI (Aidit dan Syam) 77 kali, dan dua kbu perwira ABRI 107 kali. Dalam indeks kata penting, tiga kata yang paling sering muncul adalah: gerakan 30 September, Dewan Revolusi dan dewan Jenderal. sedangkan kata PKI hanya disebut 2 kali. Jadi buku ini lebih banyak berbicara tentang tokoh PKI, yaitu Aidit dan Syam ketimbang mengenai PKI sebagai organisasi sosial politik.
Klik Angkatan Darat
Setahun setelah peristiwa yang berkubang darah itu 2 ilmuwan Cornell University USA, Benedict R. Anderson dan Ruth Mc Vey menulis kertas kerja “A preliminary analysis of the October 1, 1965: Coup in indonesia” yang kemudian dikenal sebagai Cornell Paper. Ben Anderson dan Ruth Mc. Vey berkesimpulan bahwa peristiwa G30S merupakan puncak konflik intern di tubuh AD. kedua penulis tersebut kemudian dicekal masuk ke Indonesia oleh Rezim Orba. Sedangkan Harold Crouch dalam bukunya The Army and politics in Indonesia (1978) mengatakan bahwa menjelang 1965, SUAD pecah menjadi 2 faksi. kedua faksi itu sebetulnya sama-sama anti PKI, tetapi yang berbeda sikap dalam menghadapi presiden Sokerno. Yang pertama adalah faksi tengah yang loyal terhadap Bung karno, dpimpin oleh mempangad Mayjen. A.Yani, hanya menentang kebijakan SoehaKarno tentang persatuan nasoinal, dimana PKI termasuk di dalamnya. Sedamgkan kelompok kedua faksi kanan, bersikap menentang kebijakan Yani yang bernapaskan Soekarnoisme. Didalam faksi ini terdapat jenderal nasution dan Mayjen Soeharto. Menjelang 1965 Soekarno mencium faksionalisme itu dan mulai memecah belah kedua kubu tersebut.
Peristiwa G30S yang berdalih menyelematkan Soekarno, sebenarnya ditujukan dalam faksi tengah. Dengan demikian, menurut Cornell paper, akan melapangkan jalan bagi perebutan kekuasaan oleh kekuatan sayap kanan AD. Sedangkan W.F. Wertheim dalam buku Whose Plot? New Light on The 1965 Event (1979), disamping mendukung versi di atas juga menambahkan bahwa Syam Kamaruzaman yang di dalam buku putih sekneg disebut sebagai kepala Biro Chusus Central PKI adalah agen rangkap yang bekerja untuk Aidit dan AD.
CIA / Pemerintah USA
versi ini didukung oleh Peter Dale Scott dan Geofrey Robinson. Dalang utama G30S adalah CIA yang ingin menjatuhkan Soekarno dan kekuatan komunis (teori domino). CIA beekrja sama dengan sebuah klik AD untuk memprovokasi PKI. Teori ini cukup kuat bila dikaitkan dengan konteks perang dingin (cold War). Apalagi kalau dibaca buku George Mc. T. Kahin tentang keterlibatan CIA dalam kasus PRRI dan permesta beberapa waktu sebelumnya, maka bukan mustahil, CIA juga memegang peranan dalam peristiwa G30S tersebut.
Presiden Soekarno
Versi ini dikemukakn oleh Antonie Deke dan John Hughes. menurut mereka G30S adalah Skenario yang dipersiapkan Soekarno untuk melenyapkan oposisi sebagian perwira tinggi AD. PKI ikut terseret akibat sangat tergantung kepada Soekarno.
Tidak ada pelaku Tunggal
ini terungkap dalam nawaksara dan pelengkap Nawaksara Soekarno dan juga dalam buku manai Sophian dan Oei Tjoe Tat yang menganggap G30S adalah sebuah konspirasi dimana unsur-unsur nekolim ingin menggagalkan jalannya revolusi Indonesia. Hal ini terjadi karena ditunjang oleh pimpinan PKI yang keblinger dan oknum-oknum AD yang tidak benar.
Oknum PKI
Sebuah tim dari Institut Studi Arus Informasi menulis buku bayang-bayang PKI tahun 1995. Mereka mengemukakan bahwa sebetulnya telah terjadi perpecahan Oki menjelang tahun 1965. Gerakan ini tidak diketahui oleh mayoritas anggota PKI di seluruh Indonesia. Hanya segelintir orang seperti Aidit dan Syam yang bersekonkol dengan perwira tentara yang merancang kudeta tersebut

source : http://pustakasekolah.com


Artikel Terkait:

Terima kasih telah mengunjungi windeartfly.co.cc Silakan tinggalkan komentar jika anda berkenan

Berkomentarlah dengan baik dan sopan demi kenyamanan bersama.

Image and video hosting by TinyPic

Klik Disini untuk melihat ke situs resmi SUZUKI

Temukan Artikel yang Ingin Anda Cari Disini

Language Translate

Komunitas

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic