Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic
Jika kemarin tidak berakhir seperti yang kamu inginkan, ingatlah jika Tuhan ingin kemarinmu sempurna, Dia tidak perlu ciptakan hari ini
Image and video hosting by TinyPic

Library

gravatar

8 Cara makan Ala Jepang

Jepang adalah negara dengan budaya punya riwayat yang panjang dan beragam. Keragaman itu yang berpengaruh pada tradisi mereka. Termasuk pula etiket di jamuan makan. Berikut beberapa diantaranya.
1. Ucapan terima kasih
"Itadakimasu", yang berarti selamat makan biasa diucapkan sebelum mulai makan. Selesai makan biasanya diucapkan "gochisousama deshita" yang artinya adalah ungkapan terima kasih atas sajian yang telah dihidangkan. Ungkapan ini biasanya ditujukan baik kepada tuan rumah atau pelayan yang telah menyajikan makanan.
2. Handuk hangat.
Handuk hangat biasanya disediakan untuk menyeka tangan sebelum makanan disajikan. Sangat tidak sopan menyeka bagian tubuh lain selain tangan dengan handuk ini.
3. Penggunakan mangkuk
Nasi atau sup dalam mangkuk diangkat dengan tangan kiri dan makanan disuap kemulut dengan sumpit di tangan kanan. Tapi jika Anda kidal, Anda diizinkan melakukan sebaliknya. Mangkuk sup seperti mie atau Donburi boleh diangkat ke dekat mulut, tapi tidak untuk mangkuk berisi nasi. Nasi tetap harus diambil dengan sumpit.
4. Saus kedelai
Tidak seperti cara makan Barat dimana saus dituang ke piring makan, maka saus di Jepang dituang ke sebuah piring saji kecil, dan dipergunakan sebagai celupan makanan. Orang Jepang tak pernah mengguyur nasi atau sup dengan saus.
5. Sumpit.
Sumpit tidak digunakan untuk menusuk makanan. Jangan pernah meletakkan sumpit dalam posisi vertikal. Mereka juga tak pernah menggigit sumpit. Jangan pula mengambil hidangan dari piring bersama dengan sumpit pribadi.
6. Berbagi makanan
Jika ingin membagi makanan dengan orang lain, letakkan makanan di piring orang lain tanpa menggunakan sumpit pribadi.
7. Makan apa yang disediakan.
Nasi selalu dihabiskan sesuai dengan apa yang disajikan, tidak ada istilah pemakan pemilih. Sangat jarang orang Jepang menanyakan apa permintaan khusus saat di restoran.
8. Minuman beralkohol
Biasanya disajikan dalam perayaan khusus. Tapi mereka tak pernah menuang sendiri minuman mereka. Saat meminta seseorang menuang minuman untuk Anda, mintalah dengan mengangkat gelas dengan dua tangan.

source : http://tempointeraktif.com/hg/kuliner/2011/01/05/brk,20110105-303991,id.html

Artikel Terkait:

Terima kasih telah mengunjungi windeartfly.co.cc Silakan tinggalkan komentar jika anda berkenan

Berkomentarlah dengan baik dan sopan demi kenyamanan bersama.

Image and video hosting by TinyPic

Klik Disini untuk melihat ke situs resmi SUZUKI

Temukan Artikel yang Ingin Anda Cari Disini

Language Translate

Komunitas

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic